IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS ISO 9001: 2008 PADA SMK NEGERI 2 AMUNTAI
Abstract
Abstract
This study aims: (1) To determine the implementation of the ISO 9001:2008-based education quality management system at SMK Negeri 2 Amuntai; (2) To determine the inhibiting factors in the implementation of the ISO 9001:2008-based education quality management system at SMK Negeri 2 Amuntai; (3) To determine the supporting factors in the implementation of the ISO 9001:2008-based education quality management system at SMK Negeri 2 Amuntai. This study uses a qualitative approach with qualitative descriptive analysis techniques. Data collection techniques are carried out by in-depth interviews with key informants, observation, and documentation. The data obtained are analyzed after testing the validity of the data using triangulation analysis. The results of the study indicate that the implementation of the ISO 9001:2008-based education quality management system at SMK Negeri 2 Amuntai was successfully implemented. The main inhibiting factors are the differences in perception among teachers, especially in preparation and the learning process, as well as the varying abilities of human resources. This is influenced by the different educational backgrounds and teaching experiences of teachers. Meanwhile, the main supporting factors are commitment to quality, the role of the principal and the Deputy Quality Management (WMM) who have a high commitment to the quality of education, which contributes to the successful implementation of the system.
Keywords: Implementation, Management System, and Quality of Education Based on ISO 9001: 2008.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui implementasi sistem manajemen mutu pendidikan berbasis ISO 9001:2008 pada SMK Negeri 2 Amuntai; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi sistem manajemen mutu pendidikan berbasis ISO 9001:2008 pada SMK Negeri 2 Amuntai; (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penujang dalam implementasi sistem manajemen mutu pendidikan berbasis ISO 9001:2008 pada SMK Negeri 2 Amuntai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indefth interview) dengan informan kunci, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis setelah dilakukan pengujian keabsahan data dengan menggunakan analisis trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem manajemen mutu pendidikan berbasis ISO 9001:2008 di SMK Negeri 2 Amuntai berhasil dilaksanakan. Faktor penghambat utamanya adalah ketidaksamaan persepsi di kalangan guru, terutama dalam persiapan dan proses pembelajaran, serta kemampuan sumber daya manusia yang bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru yang berbeda. Sementara itu, faktor pendukung utama adalah komitmen terhadap mutu, peran kepala sekolah dan Wakil Manajemen Mutu (WMM) yang memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas pendidikan, yang berkontribusi pada keberhasilan implementasi sistem tersebut.
Kata Kunci: Implementasi, Sistem Manajemen, dan Mutu Pendidikan Berbasis Iso 9001: 2008.